Cara Daftar dan Mendapatkan Kartu KIP Kuliah 2024 2025 : Cek Disini Prosedur Pendaftaran yang Benar!

Cara Daftar dan Mendapatkan Kartu KIP Kuliah 2024 2025 – Kartu Indonesia Pinta Kuliah atau yang biasa disingkat dengan KIP Kuliah merupakan program bantuan biaya pendidikan yang berasal dari dana pemerintah dengan tujuan untuk membantu siswa berprestasi namun memiliki keterbatasan ekonomi agar dapat melanjutkan studi di perguruan tinggi.

 

Cara Daftar dan Mendapatkan Kartu KIP Kuliah

Program KIP Kuliah tentunya memberikan akses pendidikan yang lebih luas, dan menariknya pemerintah telah mengumumkan jadwal pendaftaran KIP Kuliah 2024. Tentu, dengan adanya program ini, siswa yang memperoleh bantuan biaya pendidikan yang dapat membantu meringankan beban biaya kuliah.

 

Bagi siswa yang berminat ingin menjadi salah satu penerima program KIP Kuliah tahun 2024 harus memahami prosedur pendaftaran dan syarat yang dibutuhkan. Berikut panduan lengkap tentang cara daftar dan mendapatkan KIP Kuliah 2024 2025 dengan benar.

 

Cara Daftar dan Mendapatkan Kartu KIP Kuliah 2024 2025

Bagi siswa SMA/MA/SMK sederajat yang berkeinginan mendaftar ke perguruan tinggi lewat jalur KIP Kuliah harus memiliki akun terlebih dahulu.

 

Nah, untuk pembuatan akun KIP Kuliah tentunya ada cara daftarnya yakni melalui website resminya di link berikut: https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

 

Namun, perlu dipahami bagi para pelamar KIP Kuliah tidak menjamin status sebagai penerima KIP Kuliah 2024. Tentunya, proses selanjutnya akan dilakukan seperti validasi dan verifikasi semua berkas oleh pihak perguruan tinggi diperlukan untuk menjadi mahasiswa penerima KIP Kuliah 2024.

 

Selain itu, siswa gap year yang sudah memiliki akun KIP Kuliah untuk mendaftar perguruan tinggi tidak perlu mendaftar ulang. Akun yang dimiliki dapat digunakan untuk semua jenis seleksi penerimaan mahasiswa baru, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

 

Cara Daftar Kartu KIP Kuliah 2024 2025

Pendaftaran akun KIP Kuliah dilakukan mandiri oleh calon mahasiswa, namun juga perguruan tinggi juga dapat melakukan pendaftaran atas mahasiswa yang sudah diterima dan melakukan registrasi.

 

Untuk proses pendaftaran akun KIP Kuliah biasanya dibuka pada awal tahun hingga akhir tahun. Hal ini merujuk pada waktu pendaftaran akun KIP Kuliah tahun 2023 yang di buka sejak awal Februari hingga November.

 

Prosedur Pendaftaran untuk Mendapatkan Kartu KIP Kuliah tahun 2024 2025 dengan Benar

1. Saat melakukan pendaftaran KIP Kuliah 2024 di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id, yang pertama dilakukan adalah melakukan login terlebih dahulu.

2. Login bisa dilakukan dengan mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) serta mengisi alamat email yang aktif dengan benar.

3. Isilah NIK dengan benar, sebab akan dilakukan verifikasi dan validasi NIK melalui sinkronisasi atau pemadanan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial serta basis data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P3KE) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Pemadanan data dilakukan melalui Pusat data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

4. Selain itu, NIK, NISN dan NPSN akan dipadankan dengan data di Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) serta di sistem SIPINTAR Kemendikbud Ristek. Apabila ada kendala NIK, NISN dan NPSN yang tidak terbaca oleh sistem KIP-Kuliah, silahkan koordinasi dengan operator DAPODIK/EMIS di sekolah masing-masing untuk perbaikan sumber data secara mandiri oleh operator di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/. Bagi siswa lulusan silahkan lakukan pengajuan perbaikan di Verval Lulusan di alamat https://pd.data.kemdikbud.go.id/verval-lulusan.

5. Saat NIK dan NISN itu benar dan terdata, maka calon mahasiswa akan memperoleh nomor pendaftaran dan kode akses yang dikirim melalui alamat email yang disertakan saat pendaftaran akun.

6. Nomor pendaftaran dan kode akses inilah yang akan digunakan untuk masuk dan mendaftar KIP Kuliah.

7. Calon mahasiswa tersebut menyelesaikan proses pendaftaran sesuai jalur seleksi yang dipilih. Karena itu, saat mendaftar di sistem KIP Kuliah, calon mahasiswa harus memilih jalur masuk perguruan tinggi yang dipilih.

 

Dokumen Pendaftaran KIP Kuliah 2024 2025

Selain persyaratan mendapakan kartu KIP Kuliah 2024, peserta juga harus mempersiapkan beberapa dokumen pendaftaran saat melakukan proses mendapatkan kartu KIP Kuliah. Pasalnya, dokumen ini sangat penting guna pembuktian calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi sehingga layah untuk mendapakan kartu KIP Kuliah.

 

Berikut daftar dokumen yang harus ada untuk mendapakan kartu KIP Kuliah, diantaranya:

1. Scan atau foto rapor terakhir

2. Scan atau foto sertifikat berbagai prestasi (jika ada)

3. Foto rumah tampak depan dan bagian dalam

4. Foto calon mahasiswa dan anggota keluarga lainnya di dalam rumah

Himbauan untuk para pelamar program KIP Kuliah tahun 2024 2025 untuk tidak melakukan manipulasi seperti memalsukan foto rumah hingga surat keterangan tidak mampu. Pasalnya, perguruan tinggi yang kamu daftar untuk mendapkan program KIP Kuliah akan melakukan verivikasi dengan meninjau langsung ke rumah sesuai dengan apa yang kamu kumpulkan.

 

Demikianlah informasi cara daftar dan mendapatkan kartu KIP Kuliah bagi calon mahasiswa tahun 2024 2025 supaya dapat diterima.