Daftar Penyebab Gagalnya Seleksi Administrasi Sekolah Kedinasan yang Harus Diperhatikan
Beasiswa Sekolah Kedinasan
2025 / 2026 – Seleksi administrasi merupakan langkah awal
yang harus dilalui bagi para calon penerima program beasiswa sekolah kedinasan.
![]() |
Penyebab Gagalnya Seleksi Administrasi Sekolah Kedinasan |
Dalam proses seleksi
administrasi tentunya ada peserta yang gagal dengan berbagai penyebab yang
tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.
Berbagai penyebab tentunya
menjadi faktor gagalnya seleksi pada tahap awal sehingga untuk tahapan
selanjutnya tentu tidak bisa mengikutinya lagi. Mengantisipasi kegagalan seleksi
administrasi sekolah kedinasan tentunya dapat dilakukan jika kita tahu penyebab
dasarnya.
Nah, tahu belum penyebab
gagalnya seleksi administrasi beasiswa sekolah kedinasan yang sering terjadi? Bagi
yang belum tahu coba simak penjelasannya berikut ini, semoga bisa dijadikan
gambaran untuk persiapan.
Daftar Penyebab Gagalnya Seleksi Administrasi Sekolah Kedinasan
Berikut beberapa penyebab
gagalnya seleksi administrasi sekolah kedinasan yang terjadi di tahun-tahun
sebelumnya, diantaranya:
1. Salah unggah file
2. Biodata tidak sesuai
dengan KTP/Ijazah
3. Berkas tidak sesuai
dengan format yang telah ditetapkan
4. Ijazah hanya bagian
depan/belakang saja (harus keduanya)
5. rapor yang diunggah
tidak sesuai dengan ketentuan
6. Scan/foto tulisan tidak
terbaca jelas
7. Pembayaan tidak sesuai
dengan nominal dan rekening tujuan sekolah yang dipilih
8. Materai palsu dan tidak
sesuai dengan ketentuan
9. Surat keterangan yang
diunggah tidak sesuai dengan tempalte berkas yang ada
10. Nilai rata-rata
dibawah minimal pendaftaran
11. KTP palsu / bukan
milik sendiri
12. Backrount foto tidak
sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Baca Juga : 8 Link Resmi Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2025 / 2026
Berkas Administrasi yang Harus Dipersiapkan
1. Pas foto terbaru
berwarna merah/biru sesuai dengan ketentuan Sekolah Kedinasan dengan menghadap
depan ukuran $X^ berukuran minimal 120 kb dan maksimal 500 kb format .jpg
2. KTP bagi peserta usia
17 tahun dan bagi yang belum memilikinya dapat menggunakan KK atau Surat
Keterangan Kependudukan dengan format .jpg ukuran maksimal 500 kb
3. Ijazah SMA/SMK/MA
sederajat
4. Bagi lulusan luar
negeri harus menyertakan surat penyetaraan/persamaan ijazah dari Kemendikbud
5. Surat Keterangan Lulus
(SKL) yang diterbitkan oleh Kepala Sekolah
6. Surat Keterangan Belum
Pernah Menikah yang ditandatangani oleh Lurah/Kepala Desa domisili (Poltekip /
Poltekim)
7. Tanda bukti pembayaran
format .jpg maksimal 500 kb (Sekdin Kemenhub)
8. Dokumen persyaratan
lainnya sesuai dengan ketentuan sekolah kedinasan masing-masing
Itulah beberapa penyebab
gagalnya seleksi administrasi para peserta beasiswa sekolah kedinasan.
Posting Komentar untuk "Daftar Penyebab Gagalnya Seleksi Administrasi Sekolah Kedinasan yang Harus Diperhatikan"