Beasiswa Kuliah di UIN SATU Tulungagung 2024 2025 - Cek Syarat dan Cara Pendaftarannya

Beasiswa UIN Satu Tulungagung Terbaru – Syarat Pendaftaran Beasiswa Prestasi UIN Satu Tulungagung, Beasiswa KIP Kuliah Terbaru UIN Satu Tulungagung, Info Beasiswa Tahfidz UIN Tulungagung Terbaru, Syarat dan Alur Pendaftaran Beasiswa Terbaru UIN Satu Tulungagung.

  

Beasiswa UIN Tulungagung


Beasiswa Terbaru UIN Satu Tulungagung Tahun 2024 2025

Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah atau yang lebih dikenal dengan sebutan UIN SATU Tulungagung telah memberikan sumbangsih terhadap generasi muda di dunia pendidikan khususnya bagi warga Tulungagung dan Indonesia secara umum.


Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN Satu) saat ini beralamat di Jln. Mayor Sujadi Timur No. 46 Tulungagung Jawa Timur. Perpindahan administrasi dari IAIN menjadi UIN tentunya dibilang baru. Namun jangan khawatir, karena UIN Satu Tulungagung sudah lama berkecimpung dalam dunia pendidikan yang telah menghasilkan para sarjana sukses sesuai bidangnya masing-masing.


Dalam mencerdaskan anak bangsa, UIN Satu Tulungagung memberikan dukungan bagi mereka yang tidak mampu untuk melanjutkan kuliah. Dukungan tersebut berupa tawaran yang diberikan UIN Satu Tulungagung berupa beasiswa. Untuk mengetahui beasiswa terbaru tahun 2023 2024 yang ditawarkan di UIN Satu Tulungagung adalah sebagai berikut yang bisa mahasiswa perjuangkan.


Beasiswa UIN Satu Tulungagung Terbaru Tahun 2024 2025

Beasiswa bisa menjadikan jalan alternatif bagi mereka yang ingin tetap mengenyam pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Oleh sebab itu, segala informasi tentunya akan mereka cari demi memperjuangkan beasiswa terbaru yang telah disediakan oleh UIN Satu Tulungagung supaya dapat merealisasikan mimpi untuk mengenyam pendidikan hingga kejenjang perguruan tinggi.


Nah untuk informasi terkait beasiswa terbaru UIN Satu Tulungagung tahun 2024 2025 bisa simak berikut ini:

1. Beasiswa KIP Kuliah UIN Satu Tulungagung

Beasiswa ini tentunya banyak sekali peminatnya, karena biaya semasa kuliah akan ditanggung hingga selesai (8 semester) bagi mereka yang dapat mengenyam pendidikan di UIN Satu Tulungagung.


Menariknya, bantuan beasiswa KIP Kuliah juga memberikan biaya hidup bagi penerima beasiswa KIP Kuliah tiap bulannya. Tertarik ingin mendapatkannya? Berikut syarat dan cara pendaftaran beasiswa KIP Kuliah terbaru di UIN Satu Tulungagung secara umum:

a. Siswa/pelajar SMA/sederajat yang dinyatakan lulus di tahun berjalan atau dua tahun sebelumnnya 

b. Peserta Beasiswa dari keluarga kurang mampu yang dibuktiakan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari pemerintah setempat dan penghasilan tiap bulan orang tua

c. Tidak sedang menerima beasiswa apapun atau dari pihak manapun.

d. Dinyatakan lulus dan diterima di UIN Satu Tulungagung dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru dan dilakukan verifikasi supaya mendapatkan bantuan KIP Kuliah.

Dan cara mendaftar KIP Kuliah bisa langsung kunjungi website resmi kip-kuliah.kemendikbud.go.id dengan mempersiapkan beberapa administrasi seperti:

a. Surat Keterangan Lulus (SKL) 

b. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) atau Kartu PKH, Kartu Indonesia Pintar (KIP)

c. Siapkan NIK, NISP, dan NPSN

Semua persyaratan administrasi bisa kalian siapkan sebelum mendaftar KIP kuliah di UIN Satu Tulungagung dan tentu cara pendaftarannya dengan online atau sesuai ketentuan yang dikeluarkan oleh pihak UIN Satu Tulungagung.

Info lanjut mengenai persyaratan pendaftaran lebih lengkapnya bisa baca juga di sini: Pendaftaran KIP Kuliah UIN SATU Tulungagung Tahun 2024

 

2. Beasiswa Peningkatan Preastasi UIN Satu Tulungagung

Beasiswa peningkatan Prestasi dan Akaemik UIN Satu Tulungagung tentunya salah satu bentuk kepedulian terhadap mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan di UIN Satu Tulungagung dan memiliki kademik yang bagus.


Bagi kamu yang memiliki potensi secara akademik atupun memiliki segudang prestasi, bisa mencoba untuk mengajukan beasiswa yang satu ini dengan syarat sebagai berikut:

a. Scan KHS semester terakhir;

b. Scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM);

c. Scan bukti pembayaran UKT Semester terakhir;

d. Scan Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain;

e. Scan sertifikat PBAK;

f. Scan sertifikat Madin;

g. Scan Sertifikat juara (bagi pemohon jalur prestasi);

h. Scan SK kepengurusan ormawa dan sertifikat pendukung lainnya (bagi pemohon jalur ormawa)

c. Mengisi Formulir pendaftaran Permohonan Beasiswa Peningkatan Prestasi dan Akademik


3. Beasiswa Tahfidz UIN Satu Tulungagung

Bagi mahasiswa baik semester 1 sampai 7 yang memiliki hafalan dalam Al-quran, bisa mencoba untuk mendaftar beasiswa Tahfidz. Hal ini bukti nyata UIN Satu Tulungagung bagi mahasiswa yang mempunyai keahlan khusus dalam menghafal Al-quran. Dan persyaratan beasiswa tahfidz terbaru UIN Satu Tulungagung sebagai berikut:

a. Mendapatkan surat rekomendasi dari penguji tahfidz (hafalan)

b. Mengisi form pendaftaran beasiswa tahfidz Al-qur’an

c. Scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM);

d. Scan bukti pembayaran UKT Semester terakhir;

e. Scan Surat rekomendasi telah mengikuti tes hafalan Al-Qur’an;

f. Scan Sertifikat Tahfidz (jika memiliki)

g. Scan sertifikat PBAK;

h. Scan sertifikat Madin;

i. Scan Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain


4. Beasiswa Supersemar

Beasiswa Supersemar di UIN Satu Tulungagung menjadi harapan besar bagi sebagian mahasiswa untuk mendapatkannya dikarenakan beasiswa Supersemar di UIN Satu Tulungagung tentunya dapat meringankan biaya kuliah.


Namun segala persyaratan harus dipenuhi jika ingin mendapatkan salah satu beasiswa yang ada di UIN Satu Tulungagung. Terkait waktu pendaftaran beasiswa tentunya berbeda-beda, disini IDBeasiswa akan mencoba menjelaskannya.


Waktu dan Alur Pendaftaran Beasiswa Terbaru UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Tentunya masih banyak beasiswa lainnya yang diberikan oleh UIN SATU Tulungagung, mengenai waktu dan alur pendaftarn beasiswa yang disediakan di UIN Satu Tulungagung kalian bisa kunjungi website resminya.


Bukan hanya beasiswa namun mahasiswa UIN Satu Tulungagung akan mendapatkan beberapa fasilitas yang tersedia di kampus ketika benar-benar dinyatakan sebagai mahasiswa UIN Satu Tulungagung diantaranya


Fasilitas UIN SATU Tulungagung

Berikut fasilitas yang bisa mahasiswa UIN Satu Tulungaagung nikmati ketika mengenyam pendidikan di kampus tersebut:

a. Laboratorium: Laboratorium Bahasa Arab, Laboratorium Bahasa Inggris, Laboratorium Bahasa Arab, Laboratorium Bahasa Inggris, Laboratorium Komputer, Laboratorium Matematika, Laboratorium IPA, Laboratorium Micro Teaching, Laboratorium Peradilan Agama, Laboratorium Mini Bank, Laboratorium Psikologi,Laboratorium Tafsir Hadits


b. Unit Penunjang: Pusat Bahasa (PB), Pusat Komputer (Puskom), Perpustakaan dengan Sistem Online Public Access Catalogue (OPAC), Pusat Studi Gender (PSG), Asosiasi Pengacara Syari'ah Indonesia (APSI), Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (PPMP), Pusat Bimbingan dan Konseling (PBK), Ma'had Al-Jami'ah, TOEFL/TOAFL, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).


c. Lain-lain

1. Fasilitas Beasiswa: beasiswa supersemar, beasiswa miskin berprestasi, beasiswa prestasi non akademik, BKM, dll.

2. Akses internet (Wi-Fi) gratis setiap hari

3. Didukung tenaga pengajar dari luar negeri (native speaker)

 

Itulah beberapa informasi terbaru mengenai beasiswa 2024 2025 yang ditawarkan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung bagi mahasiswa aktif dan kurang mampu.


Selanjutnya untuk informasi beasiswa lainnya yang bisa mahasiswa peroleh di luar kampus bisa kunjungi IDBeasiswa.id, karena akan memberikan informasi seputar beasiswa terbaru dan terupdate.