Pendaftaran Beasiswa Kuliah UIN Sultan Saifuddin Jambi 2023 2024 - Pedoman dan Syarat Pendaftarannya

Pendaftaran Beasiswa UIN STS Jambi – Beasiswa Bank BI UIN Jambi Tahun 2023 2024, Beasiswa KIP Kuliah UIN STS Jambi Tahun 2023 2024, Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an UIN STS Jambi, Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi dan Akademik) UIN STS Jambi Tahun 2023 2024, dan beasiswa lainnya.

 

Daftar Beasiswa UIN Jambi 2023 2024

Beasiswa Kuliah UIN  Sultan Saifuddin Jambi  2023 2024

Lahirnya Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin atau yang biasa kita kenal dengan sebutan UIN STS Jambi tidak lepas dari pada perkembangan Agama Islam hingga ke tanah Provinsi Jambi. Tekat mendirikan Perguruan Tinggi Islam tentunya dibarengi dengan semangat supaya masyarakat sekitar dapat mengenyam pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.


UIN Jambi tentunya memberikan sumbangsih yang begitu hebat khususnya dalam dunia pendidikan bagi mereka yang tidak mampu namun memiliki tekad kuat untuk dapat melanjutkannya.


Sumbangsih yang diberikan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin (UIN Jambi) antara lain berupa beasiswa, sehingga mereka bisa mngenyam pendidikan hingga selesai. Nah apa saja beasiswa yang ditawarkan di UIN Jambi? Simak penjelasannya sebagai berikut:

 

Beasiswa UIN STS Jambi Tahun 2023 2024 yang bisa kamu perjuangkan

Bagi kamu mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin (UIN Jambi) bisa memperjuangkan beasiswa yang diberikan kampus sebagai berikut:


1. Pendaftaran Beasiswa Bank BI UIN Jambi Tahun 2023

Memperhatikan kondisi ekonomi yang masih dalam keadaan melemah dan dibarengi dengan dampak krisis ekonomi yang belum menentu sehingga akan mempengaruhi seseorang untuk memperoleh akses pendidikan. Oleh sebab itu, untuk membantu pemerintah dalam mengentaskan dan meningkatkan sumber daya manusia di bidang pendidikan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin (UIN Jambi) bersinergi dengan Bank Indonesia Cabang Jambi menjalin kerjasama memberikan sebuah bantuan kepada mahasiswa berupa beasiswa. Adapun syarat yang harus dilengakpi sebagai berikut:


1. Mahasiswa aktif tahun akademik 2022 2023 dengan program Strata Satu (S.1) pada semester IV (Empat) dan semester VI (Enam) dengan minimal telah menyelesaikan 40 SKS.

2. Pendaftaran Beasiswa BI Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin (UIN Jambi) dilakukan secara online pada website: uinjambi.ac.id/beasiswa-bi/

3. Minimal IPK 3.00 dalam skala 4,00

4. berusia maksimal 23 tahun dan atau belum 24 tahun saat ditetapkannya sebagai penerima beasiswa.

5. Tidak sedang berada dalam status terikat pekerjaan/ikatan dinas pada lembaga negeri ataupun swasta.

6. Tidak sedang menerima beasiswa lainnya

7. Bersedia berperan aktif dalam mengembangkan Komunitas Mahasiswa Penerima Bank Indonesia (BI), serta selalu berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang diselenggaran oleh Bank Indonesia (BI)

8. Mengisi formulir pendaftaran dan ngisi biodata beasiswa BI (Bank Indonesia) ditulis dengan huruf kapital bertinta hitam dengan rapi dan jelas dengan menggunakan kertas ukuran F4 (Folio)

9. Pas photo warna uk 2 x4 CM menggunakan jas alamater

10. Fotocopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Kartu Keluarga (KK)

11. Fotocopi slip pembayaran registasi atau UKT pada semester genap tahun 2022, telah dilegalisir yang bertanda tangan dan berstempel bendahara penerima UIN STS Jambi

12. Fotocopi KHS mulai dari semester 1 hingga terakhir yang telah dilagalisir dan ditanda tangani oleh Wakil Dekan I, bernomor, tanggal , dan berstempel basah

13. Menulis / meresume Motivation Letter (Bahasa Indonesia)

14. Surat rekomendasi dar pihak kampus dalam bidang akademik (Wakil Dekan III Fakultas)

15. sertifikat atau surat keterangan mempunyai pengalaman aktivitas sosial masyarakat dan memiliki dapak dalam kebermanfaatan yang masih berlaku hingga dua tahun terakhir

16. Berasal dari Latar Belakang Ekonomi Keluarga Tidak Mampu (Keluarga Pra Sejahtera), dengan melampirkan;

a. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan dan ditanda tangani basah oleh pemerintah setempat (Kelurahan/Kepala Desa) tempat tinggal.

b. Melampirkan penghasilan orang tua ditanda tangani pemerintah setempat (Kelurahan/Kepala Desa) tempat tinggal.

c. Melampirkan slip gaji terakhir tahun 2022 bagi yang bekerja sebagai karyawan swatadan honor bagi berpenghasilan tetap.

d. Melampirkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Pengaman Sosial (KPS), Kartu Keluarga Sejahtera (KPS), Jamkesmas dan lain sebagainnya.

e. Surat Keterangan Sehat dari klinik Sulthan UIN STS Jambi (narkoba dan obat-obatan terlarang)

f. Fotocopi Tabungan Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan nama mahasiswa yang mengajukan/bersangkutan.

Itulah persyaratan yang harus mahasiswa UIN STS Jambi persiapkan untuk mendaftar Beasiswa Bank Indonesia (BI) Tahun 2023.


Waktu Pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia UIN STS Jambi Tahun 2023

Tentunya banyak pertanyaan yang timbul dari benak mahasiswa UIN STS Jambi terkait waktu pendaftaran beasiswa tersebut. Lantas kapan tepatnya pembukaan beasiswa BI UIN STS Jambi? Beasiswa BI UIN STS Jambi di perkirakan buka pada bulan Februari s.d Maret tahun 2023


Link Website Pemberian Beasiswa/Link Website Beasiswa BI

https://uinjambi.ac.id/beasiswa-bi/ atau IG: bank_indonesia_jambi

Berikut Program Studi penerima beasiswa BI BI UIN STS Jambi tahun 2023 , meliputi :

a. Ekonomi Syariah (ES) UIN STS Jambi

b. Perbankan Syariah (PS) UIN STS Jambi

c. Akuntansi Syariah (AS) UIN STS Jambi

d. Manajemen Keuangan Syariah (MKS) UIN STS Jambi

e. Komunikasi & Penyiaran Islam (KPI) UIN STS Jambi

f. Ilmu Pemerintahan (IP) UIN STS Jambi

g. Hukum Tatanegara (HTN) UIN STS Jambi

h. Hukum Keluarga  (HK) UIN STS Jambi

i. Hukum Pidana Islam (HPI) UIN STS Jambi

j. Hukum Ekonomi Syariah (HES) UIN STS Jambi

k. Tadris  Matematika (MTK) UIN STS Jambi

l. Teknologi Informasi (Saintek) UIN STS Jambi

 

2. Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah UIN STS Jambi 2023 2024

Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah diperuntukan bagi Mahasiswa Baru UIN Sulthan   Thaha   Saifuddin   Jambi   Tahun   Akademik   2023 2024,   dengan Ketentuan dan Persyaratan sebagai berikut, adapun persyaratannya dilihat tahun sebelumnnya yang dapat dipersiapkan sebagai berikut:


 A.  Ketentuan Umum Beasiswa KIP Kuliah UIN Sulthan   Thaha   Saifuddin   Jambi:

 a. Mahasiswa Baru Lulusan MAlMAKlSMA Sederajat Angkatan Tahun 2021, Tahun 2022, dan Tahun 2023;

b. Mampu baca tulis AI-Qur'an;

c. Belum  dan  sanggup  untuk tidak  menikah  selama  menenma  beasiswa  KIP Kuliah di UIN Sulthan   Thaha   Saifuddin   Jambi;

d. Memiliki potensi secara akademik didukung bukti dokumen yang sah;

e. Mahasiswa yang terdampak Covid-19 dikarenakan status orang tua/wali, meninggal dunia dan mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK);

f. Memiliki keterbatasan ekonomi yang dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)/Kartu Jakarta Pintar (JKP);

g. Bagi mahasiswa Baru UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang belum memiliki kartu  sebagaimana  pada  point  5,  maka masih  tetap  dapat mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah dengan syarat tidak mampu secara ekonomi yang dibuktikan dengan: pendapatan  kotor  gabungan  orang tua/wali  sebesar  Rp.4.000.000,­ (empat juta rupiah) per bulan; atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp.750.000,- (tujuh ratus  lima puluh  ribu  rupiah),  dibuktikan  dengan  Surat  Keterangan Tidak  Mampu  (SKTM)  asli  dari  Kelurahan  serta  surat  penghasilan orang tua diterbitkan minimal dua bulan terakhir saat pendaftaran.

h. Tidak mengikuti atau terlibat organisasi terlarang dan bertentangan dengan pancasila

i. Beasiswa  KIP  Kuliah  ini  tidak  berlaku  bagi  Mahasiswa  Baru  UIN Sulthan   Thaha   Saifuddin   Jambi tahun Akademik 2023/2024 yang memiliki UKT pada Grade/Kelompok I sebesar Rp. 0 s/d Rp. 400.000 dan Penerima Beasiswa lainnya yang dikelola oleh UIN Sulthan   Thaha   Saifuddin   Jambi dengan lembaga secara resmi;

j. Mendaftar   online   pada   website: uinjambi.ac.idlbeasiswa-KIP

Inilah persyartatan yang bisa dipersiapkan sebelum adanya pembuakaan penerimaan beasiswa Beasiswa KIP Kuliah UIN STS Jambi tahun akademik 2022/2023.


Waktu Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah UIN STS Jambi 2023 2024

Nah kapan biasanya pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah UIN STS Jambi dibuka? Beasiswa KIP Kuliah UIN STS Jambi dilihat ditahun sebelumnnya dibuka pada bulan Juni hingga Juli. Persiapkan diri secara matang segala persyaratannya untuk info lebih lanjut bisa kunjungi website resminya ya.


3. Beasiswa Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an UIN STS Jambi

Beasiswa tahfidz merupakan kepedulian UIN STS Jambi terhadap mahasiswa yang memiliki kelebihan dalam menghafal Al-Quran bukan hanya beberapa juz namun 30 juz, karenanya para hafidz ini merupakan insan-insan penjaga wahyu Allah SWT.

Dan beasiswa tahfidz, sudah selayaknya UIN STS Jambi berikan apresiasi yang sangat besar agar menjadikan keberkahan bukan hanya untuk UIN STS Jambi namun juga para hafidz tersebut.

Nah bagi kamu yang memiliki kelebihan dalam menghafal Al-quran hingga 30 Juz bisa mencoba untuk mendaftarkan beasiswa hafidz yang telah ditawarkan UIN STS Jambi. Moga menjadi keberkahan bagi semuannya.

Terkait waktu pendaftaran beasiswa hafidz UIN STS Jambi bisa kunjungi website resminya: uinjambi.ac.id


4. Pendaftaran Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi dan Akademik) UIN STS Jambi Tahun 2023 2024

Bagi mahasiswa UIN STS Jambi yang memiliki segudang prestasi dapat segera mendaftar, dengan persyaratan dan ketentuan sebagai berikut:

a. Fotocopy piagam/sertifikat berprestasi baik tingkat lokal hingga nasional maupun internasional

b. Terdaftar  sebagai  mahasiswa  aktif UIN STS Jambi Program  Sarjana  Strata  Satu  (S.1), minimal semester III Tahun Akademik 2022/2023, dengan ketentuan sebagai berikut :

1)   Mahasiswa tidak sedang cuti kuliah,

2)   IPK rata-rata minimal 3,00 (Tiga Koma Nol) dari awal semester hingga akhir semeter

3)   Berusia maksimal 25 Tahun pada waktu pendaftaran beasiswa Bantuan Pendidikan

4)   Pendaftaran online pada website : uinjambi.ac.id/beasiswaberprestasi

5)   Tidak sedang menerima beasiswa dan bantuan pendidikan dari sumber lain

6)   Tidak  pernah  mendapat  sanksi/hukuman  dari  Instansi/Lembaga  Pihak manapun.

7)   Ukuran kertas berkas adalah Kertas HVS Ukuran F4 (Folio).

c. Mengisi Formulir, ditulis tangan dengan huruf Kapital (tinta hitam) yang rapi dan jelas,

d. Pas  photo  warna  3  x  4  cm  yang ditempel pada  formulir dan memakai  Jas Almamater

e. Surat Pernyataan yang bisa dilihat di website resmi: uinjambi.ac.id dan ditandatangani di atas materai Rp. 10.000,-(sepuluh ribu)

f. Fotocopy  Kartu  Tanda Mahasiswa  (KTM)  &  Kartu  Tanda  Penduduk  (KTP)  yang masih berlaku (difotocopy pada satu kertas).

g. Fotocopy Kartu Keluarga (KK) yang Benar dan Jelas.

h. Fotocopy KHS semester 1 s/d terakhir dilegalisir (ditanda tangani oleh Wakil Dekan I (satu), bernomor, tanggal dan berstempel asli/basah).

j. Surat Keterangan (Sukket) Kesehatan Bebas dari Narkoba  dan obat-obatan terlarang dari Klinik Sulthan UIN STS Jambi.

k. Fotocopy  Tabungan  Bank  Syariah  Mandiri  atas  nama  mahasiswa  yang bersangkutan (halaman bagian identitas penabung).

l. Jika lulus sebagai penerima bantuan dana pendidikan berprestasi, bersedia menyerahkan  fotocopy  rekening  tabungan  halaman  pertama  identitas  dan bukti dana bantuan yang diterima kepada Pengelola Bantuan (Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Rektorat).

Adapun waktu pelaksanaan pendaftaran bisa kunjungi website resmi uinjambi.ac.id dengan segala informasi lengkapnya.

 

Inilah macam-macam beasiswa yang dapat mahasiswa UIN STS Jambi perjuangkan dan masih banyak beasiswa lain yang telah ditawarkan UIN STS Jambi diantaranya: Beasiswa Kajian Keislaman UIN STS Jambi, Beasiswa Baznas UIN STS Jambi, Beasiswa LSOTF UIN STS Jambi, Beasiswa Mahasiswa Asing (BMA) UIN STS Jambi dan lain sebagainya.


Moga informasi mengenai beasiswa UIN STS Jambi tahun 2023 2024 ini dapat bermanfaat bagi para mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa teruntuk bagi mereka yang memiliki akademik bagus namun kurang mampu secara finansial/ekonomi.

Ucapakan terima kasih, kami berikan kepeda pembaca setia website IDBeasiswa. Semoga bermanfaat.