Beasiswa Kuliah UIN Sumatera Utara (UINSU) 2023 2024 untuk Program S1

Beasiswa UIN Sumatera Utara – Beasiswa KIP Kuliah UINSU 2023 2024, Beasiswa BI UIN Sumatera Utara 2023 2024, Beasiswa Supersemar UINSU 2023 2024, Beasiswa Bazda Sumatera Utara 2023 2024, Beasiswa DIPA UIN Sumatera Utara 2023 2024, Beasiswa Tahfidz UINSU Terbaru dan beasiswa lainnnya di UIN Sumatera Utara.

 

Beasiswa Terbaru UIN Sumatera Utara

 

Beasiswa Terbaru UIN Sumatera Utara - Universitas Islam Negeri Sumatera Utara atau yang lebih dikenal dengan UINSU, setiap tahunnya bekerja sama dengan berbagai lembaga baik negeri maupun swasta untuk memberikan bantuan berupa beasiswa kepada mahasiswanya.

Beasiswa tersebut diperuntukan bagi mahasiswa UIN Sumatera Utara (UINSU) yang kurang mampu atau memiliki prestasi secara akademik demi meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar.

 

Beasiswa Terbaru UIN Sumatera Utara 2023 2024

Nah, apa saja beasiswa yang ditawarkan di  UIN Sumatera Utara? Berikut daftar beasiswa yang dapat kamu perjuangkan di UIN Sumatera Utara

1. Beasiswa KIP Kuliah UIN Sumatera Utara

Beasiswa KIP Kuliah UIN Sumatera Utara menjadi incaran bagi mahasiswa baru yang kurang mampu namun memiliki tekad untuk terus melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi.


Beasiswa ini tentu memiliki syarat yang lebih mendetail dikarenakan bantuan tersebut berupa bantuan pendidikan hingga 8 semester (S1) ditambah dengan biaya kebutuhan yang diberikan setiap bulannya.


Tertarik untuk mendaftar beasiswa KIP Kuliah UIN Sumatera Utara? Syarat dan ketentuan berlaku diantaranya: lulusan tahun berjalan atau telah dinyatakan diterima di UIN Sumatera Utara pada tahun tersebut, kurang mampu secara ekonomi, memiliki prestasi secara kademik dan untuk info detail mengenai beasiswa KIP Kuliah bisa kunjungi website resminya.


2. Beasiswa Supersemar UIN Sumatera Utara

Beasiswa Supersemar merupakan bantuan pendidikan yang diberikan untuk para mahasiswa yang bersumber dari Yayasan Supersemar. Yasayan Supersemar terus bergerak memberikan beasiswa bagi mereka yang memiliki prestasi secara akademik baik dalam negeri maupun luar negeri. Begitu juga beasiswa Supersemar memberikan kouta bagi mahasiswa UIN Sumatera Utara pada setiap tahunnya yang diperuntukan bagi mahasiswa berprestasi.


3. Beasiswa Exxon Mobil UIN Sumatera Utara

Dalam mencerdaskan anak bangsa, pertamina juga turut memberikan sumbangsih kepada dunia pendidikan berupa beasiswa yang diberi nama Beasiswa Exxon Mobil. Bantuan ini diberikan untuk membantu pembiayaan studi bagi mahasiswa prestasi baik dalam ataupun luar negeri. Beasiswa Exxon memberikan louta bagi mahasiswa berprestasi yang sedang menempuh pendidikan di UIN Sumatera Utara setiap tahunnya kurang lebih sebanyak 20 hingga 40 mahasiswa.


4. Beasiswa Bank Indonesia (BI) UIN Sumatera Utara

Bantuan berupa biaya pendidikan yang diberikan Bank Indonesia tentu diperuntukan bagi mahasiswa yang memiliki potensi secara akademik namun memiliki kondisi ekonomi yang lemah. Beasiswa BI diharapkan dapat membantu Pemerintah dalam rangka mencerdaskan anak bangsa dan memacu percepatan penyeselesain studi.


Penerima beasiswa Bank Indonesia (Beasiswa BI) akan menerima bantuan beasiswa sampai batas penyelesaian studi dan kouta tersebut juga diberikan bagi mahasiswa UIN Sumatera Utara pada setiap tahunnnya kurang lebih 40 mahasiswa.


5. Beasiswa PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Tirtanadi UIN Sumatera Utara

Beasiswa ini merupakan bentuk apresiasi perusahaan milik daerah terhadap dunia pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas keilmuan dan mempercepat penyelesaian studi mahasiswa.


Beasiswa PDAM Tirtanadi ini diberikan khusus kepada mahasiswa berprestasi dengan potensi akademik yang baik. Beasiswa ini diberikan sejak tahun 2003 dan untuk kouta UIN Sumatera Utara yang disediakan PDAM Tirtanadi kisaran 70 mahasiswa setiap tahunnya.


6. Beasiswa Tafidz Alqur’an UIN Sumatera Utara

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) memberiakn secara khusus bagi mahasiwa yang memiliki kemampuan dalam menghafal Alquran sebanyak 30 Juz. Beasiswa ini merupakan bentuk apresiasi UIN Sumatera Utara untuk dapat mendorong mahasiswa dalam menghafal dan menguasasi kandungan Al-Quran. Selain hal tersebut diatas, beasiswa tahfidz UIN Sumatera Utara dapat memberikan warna religiusitas dalam kehidupan kampus.


7. Beasiswa Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) UIN Sumatera Utara

Kerjasama antara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) dan Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Sumatera Utara untuk memberikan bantuan berupa beasiswa atau bantuan pendidikan biaya kuliah bagi mahasiswa berprestasi dengan memilki potensi akademik yang baik tetapi tidak mampu secara ekonomi. Beasiswa Bazda UIN Sumatera Utara diberikan setiap tahunnya dengan harapan dapat membantu sebagian mahasiswa untuk menyelesaikan studinya dengan tepat.


8. Beasiswa Mahasiswa Tidak Mampu UIN Sumatera Utara

Beasiswa ini diperuntukan bagi mereka yang kurang mampu secara ekonomi namun memiliki potensi secara akademik yang baik. Beasiswa ini diberikan melalui Direktur Perguruan Pendidikan Tinggi Agama Islam, Kementerian Agama RI untuk membantu pembiayaan pendidikan.


9. Beasiswa DIPA UIN Sumatera Utara

Beasiswa yang dialokasikan dari dana DIPA UIN Sumatera Utara diperuntukan bagi mahasiswa berprestasi dengan nilai akademik baik namun dipandang kurang mampu dalam segi ekonomi.


10. Beasiswa BRI UIN Sumatera Utara

UIN Sumatera Utara bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) memberikan bantuan biaya pendidikan berupa beasiswa bagi mahasiswa yang memiliki potensi akademik yang tinggi. Beasiswa BRI merupakan bentuk kepedulian BUMN kepada dunia pendidikan tinggi agama. UIN Sumatera Utara diberikan kouta kurang lebih 50 orang yang dapat menerima beasiswa BRI.


Syarat dan Waktu Pendaftaran Beasiswa UIN Sumatera Utara

Beragam beasiswa yang ditawarkan di UIN Sumatera Utara tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi mulai dari KTM, HSS, Sertifikat/piagam penghargaan hingga surat keterengan tidak mampu (SKTM) dan lain sebagainnya.

Tentu secara detail persyaratan dalam setiap pengajuan beasiswa yang tersedian di UIN Sumatera Utara akan berbeda-beda dan informasi detailnya mengenai persyaratan dan waktu pendaftran bisa kunjungi website resminya.

Jangan sampai mahasiswa ketinggalan setiap informasi yang akan diberikan oleh pihak UIN Sumatera Utara terhadap mahasiswanya, sehingga diharapkan mahasiswa UIN Sumatera Utara melek atas segala informasi yang ada dan selalu update.