Biaya Hidup Mahasiswa Kuliah di Semarang

Biaya Hidup Mahasiswa Kuliah di Semarang - Semarang menjadi salah satu kota dengan beberapa perguruan tinggi terbaik yang menjadi pilihan banyak mahasiswa. Sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah, Semarang merupakan kota terbesar di Jateng.

 

Biaya Hidup Mahasiswa Kuliah di Semarang

Meski demikian ternyata biaya hidup yang dibutuhkan bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di Semarang tidaklah terlalu tinggi. Bahkan bisa dikatakan jika biaya hidup kuliah di Semarang lebih murah dibanding kota besar lainnya.

 

Mulai dari biaya kost, makan, sampai transportrasi, yang dibutuhkan tidaklah terlalu mahal. Walau terbilang murah, bukan berarti tidak perlu perhitungan matang. Pengaturan pengeluaran selama kuliah tetap harus diperhatikan agar tidak boros.

 

Biaya Hidup Mahasiswa Kuliah di Semarang

Nah berikut ini IDBeasiswa sudah himpun rincian biaya hidup di Semarang yang bisa dijadikan referensi.

 

1. Biaya kost

Biaya yang dikeluarkan untuk tempat tinggal atau kos di Semarang umumnya tergantung pada sistem pembayarannya. Ada tempat kos yang menawarkan sistem pembayaran tiap bulan ada juga yang per semester, dan bahkan per tahun.

 

Rata-rata harga sewa kos per kamar ada di kisaran Rp 300 sampai Rp 500 ribu atau sekitar Rp 1.500.000 sampai Rp 2.000.000 setiap satu semesternya. Namun harga tadi juga bisa berubah tergantung fasilitas yang ditawarkan. Ada kamar yang hanya boleh untuk satu orang tapi ada juga yang bisa ditempati dua orang. Untuk fasilitas sendiri umumnya di setiap kamar kos sudah dilengkapi kasur, lemari, meja, listrik, air, wifi.

 

Semarang yang dikenal panas juga menawarkan kamar kos dengan fasilitas lebih komplit dengan kamar mandi dalam hingga AC. Kisaran harganya sendiri mulai dari Rp. 1.100.000 ke atas setiap bulannya.

 

Walau demikian, setiap pemilik kos memiliki kebijakan masing-masing perihal harga. Namun, ada baiknya jika memilih kos yang dekat dengan kampus. Selain memudahkan akses juga bisa menghemat ongkos transportasi.

 

2. Biaya makan

Setelah menemukan kos tentunya yang tak boleh dilewatkan adalah biaya makan di Semarang. Seperti disebutkan sebelumnya biaya hidup di KOta Lumpia cukup murah termasuk harga makanannya.

 

Rata-rata untuk sekali makan uang Rp 7.000 sudah bisa menikmati menu makan dengan es teh. Tapi jika ingin bergaya sedikit, misal makan di mall atau restoran cepat saji makan perlu merogoh kocek paling tidak Rp 50 ribu untuk sekali makan.

 

Jika ingin lebih hemat, maka bisa masak sendiri dan patungan dengan teman kos untuk membeli bahan-bahanya. Kisaran biaya yang dihabiskan untuk makan dengan catatan hemat dan tanpa makan di kafe atau mall maka Rp 500.000 sudah cukup untuk satu bulan. Murah meriah bukan? Apalagi di Semarang cukup banyak angkringan yang menyediakan nasi bungkus atau nasi kucing seharga Rp 2-3 ribu saja.

 

3. Biaya Transportasi

Bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi tidak usah bingung, karena di Semarang ada banyak fasilitas transportasi umum yang nyaman. Salah satunya adalah bus trans Semarang (BRT). Hanya dengan RP 3.500 kamu bisa keliling Kota Semarang. Bahkan untuk pelajar hanya dikenakan biaya Rp 1000 saja. ekonomis banget kan? Kekurangannya hanya satu, yaitu harus antri dan sabar, karena cukup banyak pengguna BRT terutama di jam sibuk. JIka tak ingin terlalu antri bisa juga mencoba angkutan umum. dengan ongkos sekitar Rp.2-5 ribu untuk sekali jalan.

 

Jika dirata-rata makan dalam sebulan biaya hidup mahasiswa yang kuliah di Semarang bisa di total sekitar Rp 1.300.000 sampai 1.500.000. Tapi tentunya biaya ini belum termasuk dengan biaya untuk tugas, buku, internet, jajan, kebutuhan pribadi seperti skincare, sabun dan lainnya. Meski demikian tetap bisa dilihat jika untuk kuliah di Semarang biaya yang dihabiskan per bulan masih tergolong murah meriah. Apalagi kamu juga bisa mencari uang saku tambahan dengan mengajar les privat, guru ngaji, hingga beberapa part time job yang bisa banyak dicari dan ramah untuk mahasiswa. Tapi pastinya harus jadi prioritas utama adalah kuliah agar bisa lulus tepat waktu dan meraih sukses!