Beasiswa Program Magister (S2) Double Degree Kemenag RI 2023 Tahap II : Cek Syarat dan Tata Cara Pendaftarannya!

Beasiswa Program Magister (S2) Double Degree – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemanag RI) membuka kesempatan bagi mahasiswa/i lulusan S1 khusus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) untuk mendapatkan dua gelar akademis sekaligus.

 

Beasiswa Magister (S2) Double Degree Kemenag RI

Nah, jika kalian tertarik ingin mendaftar program beasiswa Magister (S2) Double Degree Kemenag RI, simak syarat dan tata caranya berikut ini.

 

Beasiswa Program Magister (S2) Double Degree

Beasiswa Program Magister (S2) Double Degree merupakan program dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemanag RI) bagi mahasiswa lulusan S1 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN).

 

Program Beasiswa Double Degree sendiri dimana mahasiswa akan melakukan studi atau pendidikan  di dua perguruan tinggi yang berbeda dari dalam dan luar negeri.

 

Syarat Beasiswa Program Magister (S2) Double Degree

Berikut daftar persyaratan pendaftaran Beasiswa Program Magister (S2) Double Degree Kemang RI yang harus dipenuhi, diantaranya:

1. Mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah pas foto terbaru ukuran 3x4 dengan background merah di laman beasiswa.kemenag.go.id atau aplikasi Pusaka
2. WNI dan WNA (Khusus program UIII dan The University of Edinburgh)
3. Lulusab S1 PTKIN dan S1 Program Beasiswa Santri Berprestasi (PSB) yang dibuktikan dengan SK PBSB
4. Memiliki ijazah S1 dan Transkip nilai

5. Minimal IPK 3.00

6. Mendaftar pada program studi dan perguruan tinggi tujuan yang ditetapkan oleh BIB Kementerian Agama

7.Menandatangani Surat Pernyataan Komitmen dan Integritas di atas materai Rp 10 ribu yang memuat pernyataan: Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding, tidak sedang menempuh studi jenjang S1, dan wajib mengikuti pendidikan secara penuh waktu

8. Usia pelamar paling tinggi 30 tahun (per 1 September 2023)
9. Memiliki 2 surat rekomendasi

10. Surat Keterangan (Suket) Sehat jasmani dan rohani bermaterai
11. Membuat rencana studi yang memuat alasan pemilihan program studi, topik yang akan ditulis dalam bentuk tesis dari awal semester hingga selesai serta aktivitas non-akademik yang direncanakan (ditulis dalam bahasa Inggris dengan 1.500-2.000 kata)


12. Peserta wajib Menulis personal statement/letter of motivation menggunakan bahasa inggris (1.000-1.500 kata)

13. Pelamar prioritas:
- Daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal)
- Orang asli Papua
- Anak pekerja migran Indonesia
- Latar belakang keluarga pra-sejahtera
- Korban konflik
- Korban bencana alam
- Penyandang disabilitas


Tata Cara Daftar Beasiswa Program Magister (S2) Double Degree

Pendaftaran program Beasiswa Program Magister (S2) Double Degree Kemang RI Tahap II dilakukan secara online hingga 26 Agustus 2023. Bagi peserta yang sudah memenuhi syarat dan ingin mendaftar Beasiswa Program Magister (S2) Double Degree Kemang RI bisa klik link berikut: FORM PENDAFTARAN

 

Demikianlah informasi pendaftaran Beasiswa Program Magister (S2) Double Degree Kemang RI Tahap II tahun 2023 mulai dari syarat hingga tata cara pendaftarannya.