Beasiswa Santri Nasional 2023 Program Beasiswa RMI PBNU dan UNU Yogyakarta : Cek Syarat dan Tata Cara Daftarnya

Beasiswa Santri Nasional 2023 – Program beasiswa santri nasional dibuka kembali di tahun 2023. Tentunya, hal ini menjadi kabar gembira bagi para pelajar yang sedang mondok dan ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi.

 

Beasiswa Santri Nasional

Bagi santri pondok yang tertarik ingin mendaftar program beasiswa santri nasional bisa simak syarat dan tata cara daftarnya.

 

Beasiswa Santri Nasional

Beasiswa santri nasional merupakan program dari RMI PBNU dengan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta yang tentunya diperuntukan bagi santri yang mondok di Pondok Pesantren saat ini sudah lulus.

 

Penerimaan jalur program Beasiswa santri nasional tentunya diperuntukkan bagi santri dari Pondok Pesantren di seluruh daerah yang bekerja sama dengan Robitoh Mahad Islamiyah (RMI) PBNU dengan kategori Santri Pra – Sejahtera dan Santri Berprestasi dengan kouta sebagi berikut:

1. Kouta Beasiswa Santri Nasional Pra-Sejahtera: 100 orang

2. Kouta Beasiswa Santri Nasional Berprestasi: 100 orang

 

Tertarik, segera daftarakan Anda untuk menjadi salah satu penerima program Beasiswa Santri Nasional tahun 2023 dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

Syarat Beasiswa Santri Nasional

Daftar persyaratan Beasiswa Santri Nasional yang harus disiapkan pelamar, diantarany:

1. Lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tahun 2021, 2022 atau 2023

2. Menyertakan surat dari pengurus Pondok Pesantren yang menyatakan bahwa Anda benar santri Pondok Pesantren tersebut.

3. Pendaftar beasiswa santri pra sejahtera merupakan pemegang atau pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), 4. 4. Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau dapat digantikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan.

5. Pendaftar beasiswa prestasi merupakan santri dengan prestasi minimal juara pertama (individual bukan kelompok) pada kejuaran akademik maupun non akademik tingkat provinsi.

6. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,- dan .biaya orientasi sebesar Rp. 750.000,- setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi dan wawancara.

7. Nilai mata pelajaran Matematika di ijazah adalah minimal 7.0 (dengan skala 10.0)

8. Nilai mata pelajaran Bahasa Inggris di ijazah adalah minimal 6.0 (dengan skala 10.0)

9. Saat pendaftaran, Anda memilih dua program studi yang berbeda (keduanya tidak boleh sama) sesuai minat bakat Anda.

10. Lolos tes seleksi wawancara (juri wawancara terdiri dari: tim ahli psikologi dan pimpinan program studi)

11. Beasiswa ini hanya berlaku selama 8 semester (jika lebih maka wajib membayar biaya SPP sisa semester secara reguler yang besarannya menyesuaikan besaran SPP sesuai program studi yang dipilih dan sesuai tahun akademik saat masuk)

12. Tidak diperkenankan mengambil cuti akademik di tengah masa studi

13. Menandatangani Surat Pernyataan yang diantaranya mengharuskan Anda untuk selalu memperoleh Indeks Prestasi di atas 2,75 setiap semesternya dan bersedia untuk menitipkan ijazah SMA/sederajat asli ke UNU Yogyakarta selama masa studi 8 semester (jika Anda berhenti studi sebelum 8 semester dan/atau tidak lulus sidang skripsi sebelum semester 8 berakhir maka akan dikenakan pinalti sebesar Rp. 10.000.000,-)

14. Dokumen yang dititipkan wajib berupa ijazah SMA/sederajat asli, tidak dapat digantikan dengan dokumen lain

 

Dokumen Persyaratan Beasiswa Santri Nasional

1. Scan/foro Kartu Tanda Penduduk (KTP)

2. Scan/foto Kartu Keluarga

3. Scan/foto Akta Kelahiran

4. Scan/foto Ijazah termasuk wajib menampilkan halaman yang memperlihatkan nilai yang diperoleh)-tidak dapat diganti dengan Surat Keterangan Lulus atau bentuk dokumen lan.

5. Scan/foto sertifikat juara (bukan kelompok) minimal juara pertama tingkat provinsi bagi pendaftar beasiswa berprestasi

6. Scantoro Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Peserta Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Kaluga Sejahtera (KKS) atau Surat Keterangan Tidak Mampu dari Desa

7. Surat keterangan santri pesantren

8. Surat Pernyataan

 

Benefit Beasiswa

1. Bantuan biaya pendidikan selama 8 semester

2. Bebas biaya pengembangan akademik

 

 
Tata Cara Daftar Beasiswa Santri Nasional

Pendaftaran program Beasiswa Santri Nasional tahun 2023 dilakukan secara online mulai dari 23 Agustus s/d 7 September 2023. Bagi santri yang berminat berikut langkahnyanya:bisa langsung klik link berikut: FORM PENDAFTARAN

 
Timeline Pendaftaran Beasiswa

1. Pendaftaran onlline : 23 Agustus s/d 7 September 2023

2. Seleksi Administrasi : 8 s/d 9 September 2023

3. Pengumuman Lolos seleksi Administras : 9 September 2023

4. Wawancara : 10 s/d 13 September 2023

5. Pengumuman lolos seleksi wawancara : 13 September 2023

6. Pengumuman Penerima Beasiswa Santri Nasional RMI PBNU tahun 2023 : 15 September 2023

 

Untuk informasi selengkapnya mengenai program Beasiswa Santri Nasional RMI PBNU dan UNU Yogyakarta bisa kunjungi website atau media sosial resminya di.

IG. @lakpesdam_pbnu atau @unujogja

 

Demikianlah informasi Beasiswa Santri Nasional tahun 2023 RMI PBNU dan UNU Yogyakarta mulai dari syarat dan tata cara pendaftarannya yang dapat dijadikan referensi bagi santri yang ingin mendaftranya.