Biaya Hidup Mahasiswa di Papua


Biaya Hidup Mahasiswa di Papua - Biaya hidup mahasiswa di Merauke, Papua dikenal cukup mahal. Namun, besarannya sebenarnya berbeda-beda tergantung pada gaya hidup masing-masing.


Biaya Hidup Mahasiswa di Papua


Biaya hidup mahasiswa di Papua bisa dibagi menjadi beberapa komponen. Mulai dari biaya tempat tinggal, biaya makan, biaya transportasi, dan kebutuhan harian. Kira-kira berikut rincian biaya kuliah mahasiswa di Papua.


Biaya Tempat Tinggal

Harga sewa kos di Merauke sangat variatif tergantung pada fasilitas dan lokasi tempat kos tersebut berada. Namun, untuk kisaran biaya sewanya berkisar antara Rp 500.000 sampai dengan Rp 1.500.000 setiap bulannya.


Biaya Makan

Meski dikenal mahal nyatanya ada beberapa tempat yang masih menjual makanan dengan harga cukup terjangkau. Jika berhemat maka dalam sehari mahasiswa bisa mengeluarkan biaya mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 50.000 untuk makan dalam sehari.


Biaya Transportasi

Besaran biaya transportasi yang harus mahasiswa di Papua tanggung tergantung pada jarak tempat tinggal mahasiswa dan kampus. Kurang lebih, butuh dana sekitar Rp 10.000 sampai dengan Rp 20.000 per hari.


Kebutuhan Harian

Selain beberapa kebutuhan pokok tadi, ada juga biaya lain yang tak boleh dilupakan yaitu biaya untuk kebutuhan harian. Misalnya untuk pulsa, internet, dan lainnya. Paling tidak untuk memenuhi kebutuhan harian ini dibutuhkan biaya sekitar Rp 500.000 sampai dengan Rp 1.000.000 per bulan.


Dari beberapa komponen biaya tadi, jika ditotal maka dapat diperkirakan biaya hidup mahasiswa di Merauke berada di angka Rp 2.500.000 sampai dengan Rp 4.000.000 setiap bulannya.


Tentunya perlu ditekankan bahwa besaran biaya tadi sangat relatif dan tergantung pada kebutuhan dan gaya hidup setiap mahasiswa. Jika ingin lebih yakin, maka jangan lupa untuk melakukan riset lebih lanjut supaya mengetahui kepastian harga mulai dari makanan, transportasi dan tempat tinggal.


Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan juga biaya lain seperti buku, fotokopi, dan referensi lainnya terkait masalah akademis.