Daftar Nama UIN di Indonesia Beserta Program Beasiswa yang Di Tawarkannya - Cek Syarat, Cara, dan Alur Pendaftarannya

Beasiswa PTKIN Terbaru – Beasiswa UIN Suka Yogyakarta, Beasiswa UIN Walisongo Semarang, Beasiswa UIN Sunan Ampel, Beasiswa UIN Malik Ibrahim Malang, Beasiswa UIN Syarifhidayatullah Jakarta, Beasiswa UIN Bandung, Beasiswa UIN Makasar, Beasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, Beasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Beasiswa UIN Raden Patah Palembang, Beasiswa UIN Sumatra Utara, Beasiswa UIN Antasari Banjarmasin, Beasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Serang, Beasiswa UIN Sultan Thaha Saifuddin Muaro Jambi, Beasiswa UIN Mataram, Beasiswa UIN Imam Bonjol Padang, Beasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Beasiswa UIN Profesor Kiai Haji Safuddin Zuhri Purwokerto, Beasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta Sukoharjo, Beasiswa UIN Haji Muhammad Idris Samarinda, Beasiswa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Beasiswa UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, dan Beasiswa UIN Datokarama Palu.

  

Nama UIN Se-Indonesia


Beasiswa Terbaru PTKIN Tahun 2023 2024 - PTKIN merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Perguruan Tinggi tersebut di bagi menjadi tiga katagori kampus yakni:

1. Universitas Islam Negeri (UIN)

2. Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan

3. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)


Jika diperhatikan, PTKIN memang lekat dengan agama Islam dan bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan studi agama secara serius. Namun bukan hanya sekadar belajar ilmu agama Islam namun beberapa kampus juga membuka jurusan umum yang sudah kita kenal seperti jurusan Ekonomi, Sosial Politik hingga Kedokteran. PTKIN sama halnya seperti Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang telah tersebar luas diseluruh Indonesia.


Tentu untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Islam tidaklah mudah, salah satunya biaya kuliah yang semakin tahun semakin mahal yang menjadikan kendala bagi sebagian mereka yang mempunyai ekonomi rendah. Kuliah ke PTKIN terkadang hanya sebatas keinginan.


Namun jangan khawatir, keinginan tersebut bisa terwujudkan karena PTKIN (UIN/IAIN/STAIN) menawarkan beragam beasiswa bagi mereka yang kurang mampu dan memiliki nilai akademik yang baik.

 

Daftar Nama UIN  di Indonesia Beserta Program Beasiswa yang Di Tawarkannya

Universitas Islam Negeri (UIN) tersebar diseluruh Indonesia dan setiap perguruan tinggi menawarkan beasiswa bagi mereka yang benar-benar kurang mampu ataupun mereka yang memiliki akademik yang baik. Berikut nama-nama UIN diseluruh Indonesia yang menawarkan beasiswa:

 

1. Program Beasiswa UIN Suka Yogyakarta (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)

UIN Suka merupakan salah satu perguruan tinggi dibawah naungan Kemenag RI yang beralamat di Jln. Laksda Adisucipto, Yogyakarta, Indonesia 55281. UIN suka juga menawarkan beragam beasiswa mulai dari beasiswa KIP Kuliah, Beasiswa Prestasi dan beasiswa lainnya. Untuk info lebih lanjut mengenai persyaratan dan waktu pendaftaran beasiswa yang ditawarkan UIN Suka Yogyakarta tentunya dapat dilihat diwebsite resminya atau baca juga informasi selengkapnya di Beasiswa UIN Suka Yogyakarta

 

2. Program Beasiswa UIN Walisongo Semarang (Universitas Islam Negeri Walisongo)

Tidak kalah menariknya seperti perguruan tinggi lainnya, UIN Walisongo Semarang juga menawarkan sejumlah beasiswa yang dapat mahasiswa perjuangkan ditahun 2023 2024 yang diantaranya beasiswa tahfidz, beasiswa djarum, beasiswa prestasi dan masih banyak beasiswa lainnya. UIN walisongo sendiri beralamat di Jln. Waliosngo NO 3-5 Semarang Jawa Tengah. Info lebih detail terkait beasiswa dan syarat yang di tawarkan oleh UIN Walisongo Semarang bisa kunjungi: Beasiswa Walisongo Terbaru atau website resminya di walisongo.ac.id

 

3. Program Beasiswa UIN Jakarta (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah)

Universitas Syarif Hidayatullah yang sering kita kenal dengan sebutan UIN Jakarta (UIN JKT) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Islam terbesar di Indonesia dengan mahasiswa dari berbagai daerah bahkan hingga luar negeri.


Oleh sebab itu UIN Jakarta dijadikan pusat riset dan kajian dosen serta para peneliti yang telah menjadikan keunggulan bahkan jendela akademik Islam di Indonesia bahkan masyarakat dunia.


Nah untuk masuk ke UIN Jakarta tentunya memerlukan modal biaya yang cukup apalagi bagi mereka yang kurang mampu. Namun jangan khawatir, UIN Jakarta juga menawarkan berbagai macam beasiswa yang bisa mahasiswa ajukan mulai dari beasiswa bagi yang kurang mampu ataupun bagi mereka yang memiliki prestasi. Untuk segala informasi mengenai beasiswa UIN jakarta terbaru jangan lupa selalu kunjungi website resmi UIN Jakarta yakni: uinjkt.ac.id

 

4. Program Beasiswa UINSA Surabaya (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel)

UINSA atau Universitas Islam Negeri Sunan Ampel merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Surabaya yang menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan paradigma  keilmuan dengan model menara kembar tersambung (integrated twin-towers). UINSA sendiri beralamat di Jln. Ahmad Yani No. 117 Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya – Jawa Timur 60237.


UIN Sunan Ampel tentunya sama dengan Perguruan Tinggi Islam Negeri Lainnya yang menawarkan bergam beasiswa dari mulai beasiswa Cendekia Baznas, Program KIP Kuliah, Beasiswa Pendidikan Kader Ulama, BSI dan beasiswa lainnya yang bisa mahasiswa UINSA ajukan.


Untuk tata cara pendaftaran dan persyaratan beasiswa di UINSA terbaru tahun 2023 tentunya dapat dilihat langsung diwebsite resmi uinsby.ac.id atau bisa KLIK DISINI.

 

5. Program Beasiswa UIN Malang (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)

Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim yang sering kita kenal dengan sebutan UIN Malang merupakan Perguruan Tinggi Islam yang berlokasi di Malang tepatnya di Jln. Gajayana No. 50 Malang 65144.


UIN Malang tidak segan-segan memberikan kesempatan bagi mereka yang kurang mampu atau memiliki akademik baik dan berprestasi untuk diberikan kesempatan mendapatkan beasiswa yang tersedia di UIN Malang.


Apa saja sih beasiswa terbaru tahun 2023 yang berada di UIN Malang yang bisa Kamu ajukan? Segala informasi mengenai beasiswa terbaru di UIN Malang bisa kunjungi website resminya uin-malang.ac.id atau bisa langsung KLIK DISINI

 

6. Program Beasiswa UIN Bandung (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati)

Bagi mahasiswa UIN Bandung jangan khawatir untuk tidak bisa melanjutkan kuliahnya, karena UIN Bandung yang beralamat di Jln. A.H. Nasution No. 105 Cipadung, Cibiru, Kota Bandung menawarkan bermacam beasiswa terbaru pada tahun 2022.


Info selengkapnya terkait syarat dan tata cara pendaftaran beasiswa terbaru di UIN Bandung bisa langsung kunjungi beasiswa.uinsgd.ac.id atau KLIK DISINI

 

7. Program Beasiswa UIN Makasar (Universitas Islam Negeri Alauddin)

Beasiswa menjadikan harapan bagi sebagian mahasiswa di UIN Makasar demi menempuh pendidikan hingga selesai mulai dari beasiswa dari pemerintah maupun pihak swasta bahkan beasiswa Rektor UIN Alauddin Makasar pun diberikan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan bahasa Asing (Arab / Inggris).


Sedangkan mengenai informasi beasiswa UIN Alauddin Makasar Terbaru bisa kunjungi uin-aluddin.ac.id atau bisa Klik Disini

 

8. Program Beasiswa UIN Suska (Sultan Syarif Kasim Pekanbaru)

Universitas Sultan Syarif Pekanbaru membuka peluang bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan tinggi di UIN Suska Pekanbaru untuk mendapatkan beasiswa yang telah menjadi mitranya. Beasiswa ini diberikan bagi mereka yang menempuh S1 ataupun S2.


Informasi beasiswa UIN Suska Terbaru baik persyaratan atupun tata cara pendaftaran beasiswa di UIN Suska bisa langsung kunjungi website resminya beasiswa-uin-suska.ac.id atau KLIK DISINI

 

9. Program Beasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Tidak kalah menariknya UIN Ar-raniry Banda Aceh juga membuka peluang beberapa beasiswa yang tersedia di UIN Ar-Raniry bagi mahasiswa yang memiliki akademik baik dan mahasiswa yang memiliki keterbatasan secara ekonomi.


Mengenai informasi beasiswa terbaru UIN Ar-Raniry tahun 2023 2024 bisa kunjungi website resminya atau langsung KLIK DISINI untuk mengetahui informasi beasiswa terbarunya beserta syarat yang harus dipersiapkan sebelum mengajukan beasiswa tersebut.

 

10. Program Beasiswa UIN Raden Fatah Palembang

UIN Raden Fatah merupakan universitas Islam Negeri yang berada di Palembang dan menawarkan berbagai beasiswa menarik yang dapat diajukan oleh mahasiswa yang sednag menyengam pendidikan di universitas tersebut.


Untuk mengenai detail beasiswa terbaru 2023 2024 di UIN Raden Fatah Palembang bisa kunjungi alamat resminya beasiswa.radenfatah.ac.id

 

11. Program Beasiswa UINSU (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)

UIN sumatera Utara atau yang lebih dikenal dengan sebutan UINSU merupakan salah satu Perguruan Tinggi Islam Negeri yang terletak di Kota Medan.


Tidak kalah menarik tentunya, banyak beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa bagi mereka yang ingin mendapatkannya. Karena kampus UINSU juga peduli terhadap pendidikan di tanah air.


Nah, terkait informasi mengenai beasiswa terbaru UIN Sumatera Utara (UINSU) beserta cara dan syarat pendaftarannya? Simak selengkapnynya DISINI

 

12. Program Beasiswa UIN Antasari Banjarmasin

UIN Antarsari merupakan Universitas Islam Negeri yang berada di kepulauan kalimantan bagian selatan. UIN Antasari memiliki visi menjadikan universitas yang unggul dan berakhlak.


Sehingga banyak mahasiswa yang menuntut atau menggambil pendidikan perguruan tinggi di universitas tersebut. Namun dari sebagian orang ada yang memiliki ketidak mampuan dalam ekonomi sehingga UIN Antasari mengupayakan beasiswa supaya dapat melanjutkan pendidikan hingga selesai.


Banyak beasiswa yang ditawarkan di UIN Antasari Banjarmasin mulai yang tidak mampu hingga yang memiliki prestasi secara akademik maupun non akademik. Dan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi beasiswa terbaru di UIN Antarsari Banjarmasin beserta cara dan syarat pendaftarannya, simak selengkapnynya DISINI

  

13. Program Beasiswa UIN SMH / UIN Sultan Maulana Hasanuddin Serang

Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin atau yang biasa disebut dengan UIN SMH ini berkedudukan di Banten dan menawarkan beragam beasiswa yang bisa diperjuangkan bagi mahasiswa mulai dari beasiswa tidak mampu maupun beasiswa prestasi.


Ingin tau lebih lengkap mengenai informasi beasiswa terbaru UIN SMH (UIN Sultan Maulana Hasanuddin) Serang beserta cara dan syaratnya, Simak selengkapnynya DISINI

 

14. Program Beasiswa UIN Sultan Thaha Saifuddin Muaro Jambi

UIN SUTHA atau Universitas Islam Negeri Sultan Saifuddin yang kita kenal ini terletak di Provinsi Jambi dan lahirnya UIN SUTHA tidak terlepas dari pada perkembangan Agma Islam hingga ke tanah Provinsi Jambi. Tekadnya dalam mendirikan Perguruan Tinggi Islam supaya masyarakat bisa mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.


Namun tidak terlepas dari itu UIN SUTHA Jambi memberikan apresiasi berbentuk beasiswa bagi kalangan muda yang tidak mamppu atau memiliki akademik bagus yang ingin melanjutkan pendidikannya hingga jenjang S1.


Mengenai informasi beasiswa yang terbaru UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi beserta cara dan syarat pendaftarannya? Simak penjelasannya DISINI

 

15. Program Beasiswa UIN Mataram

Universitas Islam Negeri Mataran atau yang kita kenal dengan sebutan UIN Mataram ini terletak di Lombok Nusa Tenggara Barat. Namun sebelumnya terkenal dengan nama IAIN Mataram.


UIN Mataram juga menyediakan berbagai beasiswa bagi mahasiswanya demi mengenyam pendidikan di UIN Mataram hingga selesai. Namun syarat beasiswa yang tersedia di UIN Mataram juga harus diikuti tahapan-tahapannya serta alur pendaftaranya.


Untuk info selengkapnya mengenai beasiswa UIN Mataram Terbaru tahun 2023 2024 bisa KLIK DISINI atau kunjungi website resminya uinmataram.ac.id

 

16. Program Beasiswa UIN Imam Bonjol Padang

Padang termasuk kota dengan populasi muslim terbesar di Indonesia. Hal ini menjadikan UIN Imam Bonjol memiliki posisi yang sangat strategis sebagai lembaga pendidikan tinggi di bidang agama Islam.


Tidak hanya itu UIN Imam Bonjol juga memberikan berbagai layanan bantun pendidikan berupa beasiswa bagi mereka yang memiliki potensi akademik dan kurang mampu secara ekonomi.


Ingin tau informasi mengenai beasiswa terbaru UIN Imam Bonjol Padang tahun 2022 beserta cara dan syaratnya? Simak selengkapnynya DISINI

 

17. Program Beasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Universitas Islam Negeri Sayyid Rahmatullah yang terkenal dengan sebutan UIN Tulungagung telah memberikan sumbangsih bagi mereka yang ingin mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi yang berupa beasiswa.


Ada beberapa beasiswa terbaru yang bisa mahasiswa dapatkan di UIN Tulungagung. Ingin tau informasi mengenai beasiswa terbaru UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung beserta cara dan syaratnya? Simak selengkapnynya di Informasi Beasiswa UIN Satu Tulungagung

 

18. Program Beasiswa UIN Profesor Kiai Haji Safuddin Zuhri Purwokerto

Universitas Islam Negeri yang satu ini terkenal dengan sebutan UIN SAIZU Purwokerto yang sudah berkiprah di dunia pendidikan Islam yang telah lepas dari Induknya semenjak tahun 1997. Demi selalu meningkatkan pendidikan, UIN SAIZU selalu memberikan tawaran bagi mereka generasi muda yang kurang mampu atau memiliki potensi akademik untuk dapat mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi yang berbentuk beasiswa.


Banyak beasiswa terbaru tahun 2023 2024 yang diwarkan kepada para mahasiswa dan mengenai informasi beasiswa terbaru UIN Purwokerto, Simak selengkapnynya di Beasiswa UIN Saizu Purwokerto

 

19. Program Beasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta Sukoharjo

UIN SAID ditetapkan pada tahun 2021, namun kiprah dalam dunia pendidikan tidak diragukan lagi karena banyak adri mereka yang telah diuntungkan dengan mengenyam prndidikan dengan gratis yaitu berbentuk bantuan beasiswa.


Banyak beasiswa yang diberikan di UIN Said Surakarta dan untuk informasi mengenai beasiswa terbaru  tahun 2023 2024 yang ada di UIN Said Surakarta bisa bisa kunjungi website resminya uinsaid.ac.id atau klik Informasi Beasiswa UIN Said Terbaru

 

20. Program Beasiswa UIN Haji Muhammad Idris Samarinda

UINSI merupakan salah satu Universitas Negeri Islam yang terletak di Kalimatan Timur tepatnya di Samarinda. Perguruan Tinggi Islam UINSI diresmikan pada tahun 2021. Namun kiprah di dunia pendidikan Islam tentunya tidak diragukan kemabli karena UINSI banya memberikan bantuan berupa beasiswa bagi generasi bangsa yang ingin meneruskan pendidikan.


Beasiswa apa saja sih yang ditawarkan di UIN Samarinda? Ingin tau informasi mengenai beasiswa terbaru UIN Samarinda beserta cara dan syaratnya? Simak selengkapnynya DISINI

 

21. Program Beasiswa UIN KHAS Jember (UIN Kiai Haji Achmad Siddiq)

UIN KHAS atau yang dikenal dengan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq merupakan salah satu Perguruan Tinggi Islam yang berada di Provinsi Jawa Timur tepatnya di Jember.


Tidak kalah menariknya dengan UIN lainnya, UIN KHAS juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di universitas tersebut. Mengenai informasi beasiswa UIN KHAS terbaru bisa kunjungi website atau KLIK DISINI untuk info lebih detail mengenai beasiswa

 

22. Program Beasiswa UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Universitas Islam Negeri Fatmawati atau yang biasa dikenal dengan UINFAS bertansformasi atau perubahan kelembagaan semenjak tahun 2021 yang sebelumnya IAIN Bengkulu (Istitut Agma Islam Negeri Bengkulu).


UINFAS memberikan berbagai macam beasiswa yang bisa diperjuangkan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan. Segala informasi mengenai berbagai macam beasiswa yang ada di UINFAS bisa KLIK DISINI

 

23. Program Beasiswa UIN Datokarama Palu  

Siapa yang tidak kenal dengan UIN Datokarama Palu atau UINDK yang merupakan kampus keagamaan negeri tertua di Provinsi Sulawesi Tengah yang telah dirintis semenjak tahun 1966 tepatnya bulan Mei.


Sebagai kampus negeri tertua tentunya UINDK telah memberikan sumbangsih besar terhadap dunia pendidikan di Indonesia khususnya di Palu Sulawesi Tengah.


Berbagai cara UINDK Palu memberikan keilmuannya terhadap generasi muda yang ingin belajar hingga ke tahap perguruan tinggi salah satunya dengan beasiswa. Nah apa saja beasiswa yang diberikan UIN Datokarama Palu, simak informasi lengkapnya DISINI


Nah, itulah informasi lengkap mengenai beasiswa UIN terbaru diseluruh Indonesia. Untuk syarat dan caranya bisa simak ulasan berikut secara umum supaya bisa kamu persiapkan secara matang.

 

Syarat dan Cara Mendaftar Beasiswa Terbaru di UIN Tahun 2023 2024

Syarat administrasi tentunya menjadi syarat utama untuk mengajukan beasiswa yang telah disediakan oleh universitas tersebut sehingga para mahasiswa harus mengikuti aturan yang berlaku dan jangan sampai terlewati. Syarat beasiswa UIN secara umum yaitu:


1. Memiliki KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) sesuai universitas masing-masing

2. HSS Terakhir dengan IPK minimal 3.00 (sesuai program beasiswa)

3. Surat Keterangan Tidak Mampu (Jika diperlukan dalam persyaratan)

4. Piagam/Sertifikat (Jika diperlukan dalam persyaratan)

5. Tidak sedang menerima bantuan berupa besiswa dari pihak manapun


Inilah persyaratan beasiswa secara umun, biasanya ada beberapa tambahan yang harus dilengkapi sesuai dengan aturan dari pihak pemberi beasiswa dan tata cara mendaftar beasiswa tentunya sesuai beasiswa yang ditawarkan masing-masing mulai dari ngisi formulir secara online dan lain sebagainya. Nah kapan sih beasiswa ersebut dibuka?


Waktu Pendaftaran Beasiswa Terbaru

Waktu pendaftaran setiap beasiswa tentunya berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Dan untuk waktu pendaftaran alangkah lebih baiknya bagi para mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa sering-sering buka situs resmi milik universitasnya masing-masing atau juga melalui media sosial.


Ingat, jangan sampai ketinggalan segala informasi beasiswa terbaru di seluruh Universitas Islam Negeri (UIN) yang tersebar di Indonesia dengan mengunjungi IDBeasiswa.id.


Kenapa harus IDBeasiswa? Karena IDBeasiswa akan selalu memberikan informasi beasiswa terbaru dari seluruh perguruan tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri.